Terjemahkan

Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

RPP Rangkaian Listrik Sederhana Berdiferensiasi

 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

BERDIFERENSIASI

 

Satuan Pendidikan        : SMP NEGERI 4 GANTUNG

Mata Pelajaran              : Ilmu Pengetahuan Alam

Kelas/Semester             : IX / Ganjil

Materi Pokok                 : Listrik Dinamis

Sub Materi                       : Rangkaian Listrik

Pertemuan                      : 3 dari 12 Pertemuan

Alokasi Waktu                : 2 JP

Strategi Diferensiasi     : Diferensiasi Konten dan Proses

 


A.   Kompetensi Inti

 KI1 dan KI2     :

Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya serta Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, santun, percaya diri, peduli, dan bertanggung jawab dalam berinteraksi secara efektif sesuai dengan perkembangan anak di lingkungan, keluarga, sekolah, masyarakat dan lingkungan alam sekitar, bangsa, negara, dan kawasan regional.

KI3                    :

Memahami dan menerapkan pengetahuan faktual, konseptual, prosedural, dan metakognitif pada tingkat teknis dan spesifik sederhana berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, dan kenegaraan terkait fenomena dan kejadian tampak mata.

 KI4                   :

Menunjukkan keterampilan menalar, mengolah, dan menyaji secara kreatif, produktif, kritis, mandiri, kolaboratif, dan komunikatif, dalam ranah konkret dan ranah abstrak sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang teori.

B.   Kompetensi Dasar

3.5    Menerapkan konsep rangkaian listrik, energi dan daya listrik, sumber energi listrik dalam kehidupan sehari-hari termasuk sumber energi listrik alternatif, serta berbagai upaya menghemat energi listrik

4.5    Menyajikan hasil rancangan dan pengukuran berbagai rangkaian listrik

 

C.   Tujuan Pembelajaran

Setelah melalui proses pembelajaran yang melibatkan metode demonstrasi, praktikum, diskusi, dan tanya jawab dengan pendekatan saintifik, diharapkan peserta didik dapat:

  •   Memahami hukum ohm
  •   Menggunakan alat ukur besaran listrik
  •   Memahami cara kerja rangkaian listrik sederhana
  •  Menghitung besaran-besaran listrik dinamis

 

D.  Media Pembelajaran dan Sumber Belajar

  • Media                    :    Laptop, LCD, Powerpoint, gambar dan video yang relevan, fasilitas internet
  • Sumber Belajar  :    Buku IPA Kelas IX, Kemendikbud, Kurikulum 2013 Edisi 2018, Mo dan LKPD

E.   Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan Pendahuluan

    • Guru menyampaikan salam pembuka dan meminta salah satu siswa untuk memimpin doa
    • Guru memeriksa kehadiran siswa dengan menanyakan siswa yang tidak hadir
    •  Guru meminta siswa untuk menyiapkan buku dan alat tulis
    • Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik dengan materi sebelumnya.
    • Menjelaskan hal-hal yang akan dipelajari, target yang akan dicapai, serta metode belajar yang akan ditempuh

 

Kegiatan Inti

LITTERASI

    • Guru menjelaskan materi secara singkat dengan memberikan materi yang mengakomodir semua gaya belajar masing-masing siswa dengan menjelaskan materi rangkaian listrik disertai gambar, grafik, simulasi, dan video. Diferensiasi konten
    • Guru mendemonstrasikan cara menggunakan alat ukur listrik, dan meminta siswa berhati-hati ketika menggunakannya nanti.

 

CRITICAL THINKING

    • Guru menggali pemahaman awal siswa terkait materi yang sedang dipelajari dengan mengajukan pertanyaan faktual yang bersifat hipotesis.
    • Guru meminta siswa untuk menyampaikan jawaban atas pertanyaan yang disampaikan guru.

 

COLLABORATION

    • Peserta didik dibentuk dalam beberapa kelompok untuk mendiskusikan serta mengumpulkan informasi.
    • Guru membagi LKPD dan meminta siswa melakukan kegiatan yang diminta pada LKPD.
    • Guru melakukan diferensiasi proses dengan memberikan pendampingan dan melaksanakan diskusi kelas.

    • Proses diskusi dilaksankan dengan cara : meminta siswa untuk memberikan tanggapan terhadap kesimpulan yang telah diberikan oleh siswa lainnya.

Dalam diskusi ini, guru akan memantau dan memberikan bimbingan khusus kepada siswa yang pemahamannya masih pada tingkat dasar. Hal ini dilakukan dengan cara merespons dan memberikan pertanyaan panduan agar siswa dapat mencapai pemahaman yang lebih kompleks.

    • Guru meminta siswa untuk membaca, menyimak dan mencoba latihan soal yang disajikan pada LKPD. (Guru melakukan diferensiasi konten).

 

COMMUNICATION

    • Siswa diminta untuk mempresentasikan hasil kerja kelompok atau individu secara klasikal, dan setelah itu mereka memberikan pendapat mereka tentang presentasi yang telah dilakukan. Kemudian, pendapat tersebut ditanggapi oleh kelompok atau individu yang melakukan presentasi.
    • Guru mengajak siswa untuk bertanya jika ada hal yang masih belum dipahami atau perlu didiskusikan. Jika ada pertanyaan, guru akan meminta siswa lain untuk memberikan tanggapan atau menjawab pertanyaan tersebut. Pada akhir diskusi, guru memberikan penguatan kepada siswa. (Guru melakukan diferensiasi proses)

 

CREATIVITY

    • Guru dan peserta didik membuat kesimpulan tentang hal-hal yang telah dipelajari terkait rangkaian listrik.

 

  

Kegiatan Penutup

    • Guru memberikan umpan balik kepada murid.
    • Guru melakukan penguatan dan refleksi. 
    • Guru menyampaikan topik materi dan kegiatan pembelajaran pada pertemuan berikutnya. 
    • Guru menutup pembelajaran dengan berdoa bersama dan mengucapkan salam ketika hendak meninggalkan kelas

 

F.   Penilaian

  • Sikap : Observasi Sikap
  • Keterampilan : Unjuk kerja 
  • Pengetahuan :  Tes Formatif 

(Instrumen Penilaian dan pedoman Penskoran Terlampir)

Info Pendidikan
Info Pendidikan Belajar dan Berkembang Terus

Post a Comment for "RPP Rangkaian Listrik Sederhana Berdiferensiasi"